Pelatihan Hipnoterapi

Minggu, 05 Juli 2015

Asmo Kinaryo Jopo - Nama Mengandung Pengarapan dan Doa

Asmo Kinaryo Jopo adalah bagian dari falsafah hidup jawa yang artinya: Nama mengandung pengharapan dan Doa. yang harus kita ugemi (pegang) sampai kapan pun, karena di dalamnya berisi tentang anjuran kepada kita agar senantiasa memberikan "Nama" yang baik, tidak hanya sebatas nama orang, tapi mencakapun "nama" yang lebih luas. Jika anda sebagai orang tua yang mau memberikan nama kepada bayi kesayanganya, maka hendaknya menggunakan nama yang mempunyai makna kebaikan. Ingat, Bahwa Nama adalah Doa, maka dari itu jangan sekali-kali memberikan nama kepada anak kesayangan kita dengan nama yang tidak jelas artinya. Yang lebih parah lagi, jika ada orang tua yang memberi nama anak dengan nama sembarangan, asal keren seperti nama artis di TV tapi secara harfiah ternyata mempunyai arti yang tidak baik.

William Shakespeare pernah mengungkapkan: "What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet." (Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi).  Sebaliknya, bagi sebagian besar umat muslim Nama adalah doa, memberi nama anak sama artinya dengan mendoakan anak


Berikut ini kreteria nama-nama yang baik:
Nama yang mengandung unsur pujian atau nama yang memiliki makna terpuji. Harapannya ketika nama ini disebut atau dibuat memanggil maka secara tidak langsung sudah mendo'akan agar si empunya nama benar-benar menjadi orang yang terpuji lahir dan batin dinisbatkan dengan nama yang diberikan Allah SWT kepada Rosul-Nya yaitu nabi Muhammad SAW yang memiliki arti orang yang terpuji.
Mengandung unsur do'a. dalam nama tersirat sebuah do'a. Dengan menyebut nama ini berarti ikut mendo'akan pada si yang punya nama. Maka penting sekali bagi kita dalam memberi nama seorang anak atau memberi nama sesuatu hal yang diharapkan kebaikannya dengan nama yang baik karena dengan nama itu disebut seseorang berarti sebuah do'a secara tidak langsung sudah terpanjatkan.
Nama yang mempunyai arti yang baik. Entah itu ambilan dari kata bahasa Jawa, Indonesia, Inggris, India, Arab dan lainnya. Contoh nama yang diambil dari bahasa Jawa yaitu Sugeng, memiliki makna hidup. Harapannya kelak akan menjadi orang yang benar-benar hidup secara lahir maupun batin. Hidup fisiknya, hidup akalnya, hidup pikirannya dan hidup-hidup yang lain. Contoh lagi Karyo seperti dalam film Si Doelnya Rano Karno yang diperankan oleh almarhum Basuki. Nama itu memiliki makna berkarya. Cocok dan sesuai dengan si Karyo yang orangnya seperti enggan untuk menganggur. Selalu ingin berkarya dan melakukan apa saja yang berguna. Nama Basuki sendiri memiliki makna bahagia karena ingin masa yang akan datang menjadi orang yang bahagia


Jika anda seorang penulis, maka hendaknya anda memberikan judul yang terbaik untuk tulisan anda, baik itu dari susunan  dan pemilihan kata nya, sehingga tidak mengandung ambigu yang jadi sebab terjadi nya salah pemahamam di kalanga pembaca.

Mari budayakan nama yang baik dalam hal apapun. Siapa tahu dengan nama yang baik Tuhan akan memberikan kebaikan-kebaikan yang lain. Bagaimana dengan nama Anda?
Ingaaaaaat, Asmo Kinaryo Jopo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar