Pelatihan Hipnoterapi

Jumat, 04 Maret 2016

Kampung Mangga Kecamatan Banyakan: Potensi Agro Wisata Kabupaten Kediri

Potensi Agro Wisata Kampung Mangga di Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Kecamatan banyakan dari dulu nya merupakan salah satu sentra produksi mangga podang terbesar di Kabupaten Kediri. Tidak heran jika di kecamatan itu saat musim mangga terdapat ratusan warga yang berjualan mangga di sepanjang jalan radius 1 KM sebelum dan sesudah titik lokasi pasar Banyakan.
Agro Wisata Kampung Mangga Banyakan Kediri
Agro Wisata Kampung Mangga Banyakan Kediri
Tidak sulit menemukan lokasi kampung mangga Banyakan. Jika anda hendak menuju Kabupaten Nganjuk dari arah Kediri, maka anda akan menemukan deretan pedagang buah di sepanjang jalan raya Kecamatan Banyakan. Di jalur sepanjang sekitar satu kilometer itu,terdapat sedikitnya 20 pedagang buah. Tidak hanya di sepanjang jalan raya, deretan pedagang buah mangga juga tampak di ruas jalan desa, sekitar pasar hingga pemukiman warga. Jika ditotal, jumlah pedagang mangga mencapai ratusan orang. Mereka menggelar dagangannya sejak pukul 3 dinihari hingga 20.00 WIB. Hal ini akan terjadi hanya ada pada musim buah mangga.
Kecamatan Banyakan memang salah satu sentra produksi mangga di Kabupaten Kediri, selain kecamatan Mojo, Tarokan dan Semen.  Melimpahnya produksi mangga di Kecamatan Banyakan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.  Pasalnya, mangga produksi para petani di kecamatan itu sangat digemari oleh masyarakat, baik Kediri maupun luar daerah. Berbagai jenis mangga, seperti podang, gadung, golek dan manalagi selalu menjadi incaran pembeli. Namun dari beragam jenis mangga itu, mangga podang menjadi primadona, karena memiliki citra rasa yang khas.
Aneka Olahan Mangga Podang
Aneka Olahan Mangga Podang
Jika musim mangga telah datang, maka jumlah pembeli akan membludak.  Ini terlihat ketika panen raya tiba, di antara bulan November hingga Januari. Bahkan pada bulan - bulan itu pasar buah Banyakan yang biasanya sepi, akan dipenuhi oleh pedagang dan pembeli yang bertransaksi jual beli mangga.
Pada saat musim panen raya harga mangga podang sangat murah lho, dengan kisaran Rp 2.000–7.000 per kilogram di tingkat pedagang. Mereka membelinya dari petani dengan harga Rp 1.500–2.000 per kilogram untuk dijual di pasar buah dan kaki lima (itu saat musim mangga). Tapi jika belum musimnya panen raya, harga berkisar antara Rp. 12.000 - Rp. 15.000 per kilogram ditingkat pedagang...wouw...lumayan mahal juga ya.
Karena keunikannya ini, Pemerintah Kabupaten Kediri telah menetapkan mangga Podang sebagai buah khas daerah itu yang telah dipamerkan di sejumlah negara. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga lezat diolah menjadi manisan, dodol, jenang, minuman sari buah mangga dan juga rujak buah. Sudah seharus nya potensi ini di masuk kan dalam binaan daftar UMKM kabupaten kediri.
Jika anda ada kesempatan berkunjung ke Kediri, jangan dilewatkan untuk mencoba mencicipi dan menikmati mangga podang yang menggoda ini yaaa. Kebetulan rumah saya dekat dengan lokasi Pasar Buah banyakan. Kalau anda bersedia, silahkan mampir ke gubug Kang Santoso.
Jika anda pengen lebih menikmati mangga masak pohon.......metik langsung, terus di maem rame-rame sama keluarga sambil menikmati pemandangan, silahkan datang ke Desa Tiron - Kec. Banyakan, dari 1/4 pasar Banyakan ke arah barat kurang lebih 8 Km atau kunjungi KIM Tiron Makmur, yang biasanya di jadikan tempat Agro Wisata Mangga Podang Kec. banyakan - Kab. Kediri

1 komentar: