Cara
Membangun Kepercayaan Bisnis Online - Dalam dunia bisnis, kepercayaan menjadi kunci utama agar para klien atau konsumen tidak pindah ke lain hati. Jika konsumen atau
pelanggan sudah pindah ke lain hati, bisa dipastikan usaha kita pun pelan tapi pasti akan menuju ambang kehancuran. Oleh
karena itu, kepercayaan merupakan faktor terpenting bagi kelangsungan usaha dan Bisnis kita. Apalagi dalam bisnis online, kepercayaan adalah hal yang paling
diandalkan, karena dalam bisnis ini, konsumen tidak langsung bertatap muka
dengan penjual dan memilih produk secara langsung. Biasanya untuk para pelaku bisnis Online pemula, banyak yang tanya tentang bagaimana Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Online. Disini saya tuliskan sedikit tentang tahap belajar internet marketing untuk pemula. Perlu di cermati, bahwa konsumen tidak mau mengambil
resiko melakukan transaksi jual-beli
dengan penjual atau pemiliki toko online yang tidak bia dipercaya. Oleh karena
itu, membangun kepercayaan konsumen sangatlah penting untuk memajukan bisnis
anda.
Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Online |
Pertanyaannya adalah, bagaimana membangun
kepercayaan konsumen yang efektif? Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan
jika seorang pengusaha ingin memajukan bisnis online dengan melalui
kepercayaan para pelanggan.
Perhatikan Desain Web Toko Online Anda
Jika diibaratkan website toko online anda
adalah sebuah toko “sebenarnya”, pastinya anda tak mau toko anda terlihat kotor
dan berantakan bukan? Karena kondisi toko mencerminkan kualitas barang dan toko
itu sendiri. Oleh karena itu, agar toko online anda terlihat menarik, anda
memerlukan desain web yang memiliki tampilan yang menarik dan sebagus mungkin.
Menarik disini bukan berarti rumit dan justru akan membingungkan pengunjung
toko anda, tetapi menarik dari sisi penataan letak menu, navigasi, dan lain
sebagainya agar para pengunjung yang menjadi calon pembeli nyaman berada di toko anda. Oleh karena itu,
pastikan desain web anda dikerjakan dengan tepat dan profesional.
Miliki Alamat Email Khusus
Alamat email perusahaan sangat diperlukan
jika anda ingin membangun kepercayaan customer. Dengan memiliki alamat email,
customer merasa aman karena dengan mudah dapat menghubungi pemilik atau pengelola
toko online kapanpun. Namun jangan asal memiliki alamat email, karena banyak
pelanggan akan lebih percaya jika alamat email menggunakan domain perusahaan
tersebut. misalkan anda bisnis distributorbatik.com maka email nya: admin@distributorbatik.com. Kalaupun toh masih menggunakan email gratisan, seperti: yahoo dan Gmail. hendak nya gunakan nama email yang mewakili usaha anda, mencerminkan produk yang anda jual, seperti: distributorbatik@gmail.com. Hindari menggunakan nama-nama email alay, seperti: cemungut@yahoo.co.id, ica_imut@yahoo.com, ridacahayu@gmail.com. Email seperti ini terkesan tidak profesional dalam berbisnis. Hal ini akan mengurangi kepercayaan konsumen terhadap
kualitas toko online kita.
3. Paparkan Profil Perusahaan
Profil perusahaan atau Company Profile juga
sangat dibutuhkan untuk membangun kepercayaan konsumen. Dengan membaca Company
Profile, konsumen akan lebih mengenal toko online anda dan mengenal siapa-siapa
dibalik perusahaan anda. Dengan begitu, konsumen akan tidak ragu lagi membeli
produk dari toko online anda. Salah satu Toko online yang pernah kami kerjakan adalah Pusat senapan angin yang beralamatkan di Pare Kediri
4. Selalu Berikan Kontak Pelanggan
Dalam situasi apapun, usahakan konsumen
selalu merasa dekat dengan anda. Oleh karena itu, selalu sediakan nomor kontak
pelanggan yang bisa dihubungi kapan saja dan dimana saja. Kontak pelanggan
bukan hanya nomor telepon saja, namun juga termasuk alamat perusahaan, alamat
email, pin BB, atau apapun yang bisa membuat pelanggan dengan mudah menghubungi
anda jika ada keluhan atau pertanyaan seputar produk yang anda jual.
5. Sertakan Testimoni
Tak bisa dipungkiri, adanya testimonial
para pelanggan atau customer terdahulu akan mendongkrak kepercayaan calon
konsumen kepada toko online kita. Namun sayangnya, banyak toko online “nakal”
yang memasang testimonial palsu. Usahakan memasang testimonial asli yang
menyertakan alamat email atau kontak dari pemberi testimonial tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar