Pelatihan Hipnoterapi

Minggu, 03 November 2019

Majlis Masyarakat Maiyah Di Kediri " Sanggar Kedirian" Perjalanan Diri Mengenal Diri

Majlis Masyarakat Maiyah Di Kediri " Sanggar Kedirian" - Sedikit tuisan Kang Santoso tentang kegiatan maiyah di Kediri. Deail informasi dan agenda kegiatan bisa anda lihat di: 
  • Website Resmi: Sanggar Kedirian - www.sanggarkedirian.com
  • Chanel YouTube "Sanggar Kedirian"Disini
  • Sosial Media (FB, Tweeter, IG: "Sanggar Kedirian"
Pengajian tak semata - mata di lakukan dengan aktivitas menyimak kitab suci. Duduk bersama dalam satu lingkaran, membicarakan isu-isu terkini tentang kemanusiaan, masyarakat dan kebangsaan juga bisa dimaknai mengaji.

Gambaran tersebut muncul dalam aktivitas Sinau Bareng di Majlis Maiyah Sanggar Kedirian Di Kediri. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, mulai kalangan santri, aktivis, pemuda, masyarakat umum. Tua, muda, laki-laki dan perempuan turut aktif dalam acara yang digelar oleh Majelis Simpul Maiyah di Kediri, yang meng-induk ke Maiyah Nusantara yang di didirkan oleh Mbah Nun sapaan akrab Cak Nun / MH. Ainun Najib itu. 

Kegiatan tersebut merupakan agenda yang rutin digelar setiap bulan sekali, tepat nya malam sabtu legi. Salah satu tokoh masyarakat sekaligus yang menjadi pagar kelilmuan adalah Kang Bus, yang punya nama lengkap Bustanul Arifin. Beliau yang selalu memberikan pemaparan tentang tema sudah di tentukan sebelum nya dan di kaji saat rutinan maiyah di kediri. Kegiatan maiyah di kediri ini berjalan seadanya, sak ana ne wae...yang penting muatan materi keilmuan dari pada acara tersebut benar-benar keberkualitas dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahwa, acara yang berkwalitas tidak selalu harus dibungkus dengan acara yang mewah. Yang penting kegiatan nya berjalan dan dapat menjadi wadah silaturrahim untuk memperkuat paseduluran  serta kerukunan antar masyarakat.

Majles Maiyah Di Kediri - Sanggar Kedirian
Maiyah Sanggar Kedirian 

Slogan Maiyah Sanggar Kedirian adalah "Perjalanan Diri Mengenal Diri" dengan harapan semoga: Masyarakat Maiyah mampu mengenali dirinya sendiri. “Seperti yang dikatakan Imam Al-Ghazali bahwa mengenal Tuhan itu lewat mengenal diri dulu. Nama ke-diri (dengan kata yang disambung) memiliki makna kembali mengenali diri masing-masing. “Bahwa Kediri ini memiliki makna menuju ke diri individu untuk mengenalinya, menyadari, dan mengevaluasi diri. Setiap peserta yang hadir di berikan peluang untuk mengapresiasi acara sinau bareng ini dengan sudut pandang nya masing-masing, dengan harapan dialog dan tanya jawab antar peserta akan berjalan mengalir. Sehingga ilmu yang di dapat semakin banyak dan bermakna
Tulisan menarik lain nya:  Daftar Makam Auliya' di Kota dan Kabupaten Kediri Terbaru
majlis sinau bareng maiyah di kediri
majlis sinau bareng maiyah di kediri

Seperti yang di ceritakan oleh Kang Hartono, bahwa Maiyah di Kediri sebenar nya sudah berdisi sejak 2012 namun telah lama vakum, dan di hidupkan lagi kegiatan nya pada tanggal 11 September 2016, di tempatkan di Ruko Sebelah utara stadion Brawijaya, di hadiri oleh Cak Fuad (Kakak nya Cak Nun). Yang kebetulan pas hari itu Cak Fuad ada agenda ceramah di Pengajian Ahad Pagi Masjid Baitur Rohman Semampir. Pada tanggal itu lah, yang saat ini di jadikan untuk memperingati hari kelahiran Majlis Maiyah Di Kediri " Sanggar Kedirian"
Maiyah Di Kediri - Sanggar Kedirian
Maiyah Di Kediri - Sanggar Kedirian
Untuk mengiringi sholawatan... Crew Kanjeng Kustik selalu setia menemani, demikain sekilas informasi tentang keberadaan Majlis Masyarakat Maiyah Di Kediri " Sanggar Kedirian"

4 komentar: